Awal Puasa 2017 dan Awal Puasa Ramadhan 2017 Muhammadiyah NU Pemerintah

Awal Puasa 2017 dan Awal Puasa Ramadhan 2017 Muhammadiyah NU Pemerintah


Advertisement

Awal Puasa 2017 dan Awal Puasa Ramadhan 2017 Muhammadiyah NU Pemerintah

awal puasa ramadhan

Baca Info Update Awal Puasa Ramadhan 2017 (1 Ramadan 1438 H) Muhammadiyah NU Pemerintah Terbarunya di bawah ini:

  1. Menurut Pemerintah / NU => Baca di => Awal Puasa Ramadhan atau Awal Puasa Ramadhan
  2. Menurut Sidang Isbat => Baca di => Awal Puasa atau Awal Puasa
  3. Menurut Muhammadiyah => Baca di => Awal Puasa Ramadhan 2017 atau Awal Puasa Ramadhan 2017
  4. Menurut Kalender Nasional => Baca di => Awal Puasa 2017 atau Awal Puasa 2017


Puasa Menurut Wikipedia

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu[1]. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa atau rahib. Inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karenanya, puasa dapat didefinisikan sebagai usaha pengekangan diri dari sebuah keinginan yang dilarang untuk mencapai sebuah tujuan.

Puasa sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah dalam suatu agama atau sesuatu kewajiban yang harus di lakukan Manusia menurut kepercayaan Agamanya. Berdasarkan beberapa sumber bacaan, ternyata ibadah puasa dijalankan oleh beberapa agama yang ada di dunia. Walaupun cara yang dilakukan berbeda, inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan.

Dalam Islam, puasa (disebut juga Shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh dan ditutup dengan Hari Raya Lebaran.Menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Al Quran.puasa juga menolong menanam sikap yang baik dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya dan tidak hanya pada bulan puasa. Jika didasarkan pada ritual puasa itu sendiri, maka jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka terasa bertolak belakang jika kita tidak berbuka sekedarnya saja.

Menurut penelitian, puasa menyehatkan tubuh.[3]

Makanan berkaitan erat dengan proses metabolisme. Oleh sebab itu, dalam pemeriksaan medis tertentu yang berhubungan dengan proses metabolisme, misalnya pemeriksaan kadar glukosa darah, pasien seringkali disyaratkan untuk berpuasa dahulu.

Puasa menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh dan menggantinya dengan sel-sel yang baru. Selain itu, puasa mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan hingga 2000% pada laki-laki dan 1300% pada perempuan. Hormon pertumbuhan ini akan memfasilitasi pembakaran cadangan lemak dalam tubuh selama berpuasa. Peningkatan kembali hormon pertumbuhan dalam tubuh juga bermanfaat dalam melawan penuaan.dini.

Pada saat kita mulai melakukan puasa, faal tubuh kita mulai mengalami perubahan. Oleh karenanya, jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka jika kita tidak berbuka sekedarnya saja justru kesehatan kita akan terganggu. Ketika kita melakukan puasa, faal tubuh kita akan mulai mengalami perubahan secara perlahan. Oleh karenanya, jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka kita lakukan juga secara perlahan. Misalnya, pada satu menit pertama, kita berbuka dengan sepotong roti atau kue atau sepotong buah saja bahkan hanya dengan sebutir kurma saja.

Jika didasarkan pada beberapa definisi dari puasa, maka makna dasar dari puasa atau berpuasa adalah pengekangan. Maka atas dasar hal ini, saya membagi puasa menjadi dua; Pertama, Puasa dalam arti khusus. Kedua, Puasa dalam arti umum. Puasa dalam arti khusus adalah bentuk puasa seperti yang biasa kita ketahui, misalnya mulai tidak makan dan minum sejak fajar sampai terbenamnya matahari. Sedangkan Puasa dalam arti umum adalah segala bentuk pengekangan secara umum. Misalnya, kita ingin kaya tetapi tidak bisa kaya-kaya, maka kita mampu mengekang diri untuk tidak melakukan penipuan dalam rangka mencapai tingkat kekayaan tertentu yang telah menjadi target kita.


quick count pilpres 2019
beasiswa kuliah 2017 2018 2019 2020 2021 2022

loading...



Patner

Popular Posts

loading...